Saturday, December 1, 2018

,

5 Tips Hidup Sehat ala Neng Nunung


Annyeong haseyo Yeorobun...

Sehat sehat semuaaa kan yah... 

Sedih tahu gak siih kalo kita, keluarga, teman dekat, atau orang-orang di sekitar kita dalam keadaan tidak sehat. Terutama kalo yang sakit diri kita sendiri yah. Aktifitas jadi terganggu, kalau sakitnya sedikit lebih parah sampai kemampuan menopang diri sendiri berkurang efeknya kita akan merepotkan orang lain. 

Ah soal itu sepertinya neng pengalaman. Bagi seseorang yang sering ada di posisi pesakitan dari kecil seperti neng, tahu benar rasanya bagaimana rasa risihnya kalau kita harus membebani dan merepotkan orang lain karena sakit. Bagaimana rasanya membuat orang-orang terdekat mencemaskan keadaan kita. Rasanya pengen nangis, tapi yah bagaimana lagi. Kadang penyakit kan datang tanpa diundang dan diminta. Meskipun kebanyakan penyakit datang karena kesalahan kita sendiri dalam membangun kebiasaan hidup sehat sehari hari.

Nah karena neng tahu banget gimana rasa gak enaknya sakit, neng mau berbagi tips hidup sehat yang mulai neng terapkan dalam keseharian. InsyaAllah kalau memang tips ini disiplin dikerjakan, akan mengurangi resiko sakit. Hidup jadi lebih sehat dari hari ke hari.
Yuuuk simak tips di bawah ini...

Minum Air Putih Secukupnya

Minum air putih itu wajib kalau dari semua saran dan literatur yang neng baca. Untuk beberapa kasus penyakit, misal penderita gagal ginjal memang tidak bisa mengkonsumsi air putih berlebih alias dibatasi. Namun, jika tidak ada indikasi penyakit tertentu yang mengharuskan membatasi konsumsi air, minum air putih jadi sebuah keharusan.

Secara umum, kita disarankan minum air putih 8 gelas sehari. Tapi aturan minum air putih 8 gelas sehari ini tidak berlaku untuk semua orang. Apa yang membuat perbedaan kebutuhan air putih dalam sehari bisa dibaca di artikel (baca : Tidak Semua Orang Butuh Air 8 Gelas Sehari )

Ada rumus yang menjadi pegangan dalam dunia medis tentang konsumsi kebutuhan air harian bagi manusia. Yaitu berat badan x 30 ml
Misal : berat badan kita 50 kg, maka kebutuhan air harian kita adalah 1.5 liter. Ini adalah jumlah minimal yah, kalau mau lebih banyak diperbolehkan. Tapi usahakan jangan kurang.  

Hitung yuk kebutuhan air harian kita dan mulai konsumsi air secukupnya.  

Istirahat yang Cukup

Nah soal istirahat ini juga gak bisa ditawar yah. Neng dulu itu suka banget tidur dini hari lebih. Apa yang dikerjain? Banyak hal mulai dari pekerjaan yang berfaedah sampai hanya sekedar nonton drama korea. Bangunnya? Ya seperti biasa. Jadi waktu tidur malam gak sampai 5 jam, palingan cuma 3 jam semalam. Siangnya, hampir pasti gak bisa tidur siang karena pekerjaan kantor.

Nah apa yang neng rasakan ketika ritme hidup neng seperti itu? Jangan ditanya lagi, badan sering merasa gak enak, loyo, gampang lelah, gampang sakit, dan masih banyak masalah fisik dan sosial lainnya.

Jadi kalau teman teman mau mencoba hidup lebih sehat, yang harus diperbaiki adalah pola tidurnya. Terutama tidur malam. Wajib tidur sebelum jam 10 dan memiliki kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik itu gimana sih? Bisa baca detailnya juga di (baca : Tidurmu Berkualitas? Yakin?)

Dengan pola tidur yang sehat dan berkualitas, fisik dan stamina kita akan lebih prima di keesokan harinya.
  
Perbanyak Sayur & Kurangi Nasi

Ini bukan hanya pola makan untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan yah. Tapi memang salah satu pola hidup sehat adalah memakan makanan yang sehat, bergizi dan seimbang. Buat neng, mengurangi nasi putih adalah sebuah keharusan. Karena kedua orang tua neng ada riwayat diabetes, dan resiko penyakit ini juga lebih tinggi ada di neng karena berat badan berleboh yang neng miliki.

Jadi mengurangi nasi dan memperbanyak konsumsi sayur jadi salah satu pintu untuk mendapatkan kualitas hidup lebih sehat.  

Olahraga di Pagi Hari Minimal 30 menit

Pernah kan maleeess banget kan kalo kita disuruh olahraga. Samaaaaneng juga merasakan hal yang sama. Cuma yaaaa kalau mau sehat, mau gak mau olahraga jadi salah satu rutinitas wajib untuk dilakukan. Kalau neng sendiri olahraganya gak yang berat berat. Cuma jalan kaki dan bodyweight lifting. Ini salah satu ajah, kalau sudah jalan keliling kampung yah udah jalan aja. Kalau BWL yah BWL ajah. Karena emang waktunya pendek jadi dimaksimalkan olahraganya sebatas ada waktunya.


Melengkapi Nutrisi Harian

Nah untuk yang ini, juga salah satu keharusan buat neng. Setiap harinya neng minum minuman nutrisi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian neng. Minuman ini memperbaiki metabolisme tubuh neng, jadi jarang sakit musiman macam flu, batuk, atau demam gitu. Daya tahan tubuhnya jadi lebih kuat intinya sih.

Selain itu, minuman ini bisa bantu neng untuk menurunkan berat badan ke titik berat yang sehat. Gak yang kuruuuuss banget, tapi memang karena fungsinya untuk melengkapi dan menyeimbangkan nutrisi tubuh, jadinya si minuman nutrisi ini memperbaiki tubuhnya dari dalam. Bonusnya daya tahan tubuh meningkat, berat badan menjadi seimbang, kulit jadi lebih sehat juga. Karena minuman ini jadi makanannyasel gitu. Karena diperbaiki dari dalam, secara keseluruhan tubuh menjadi jauh lebih sehat.

Kebutuhan nutrisi harian untuk tubuh harus dipastikan tercukupi yah. Kalau mau tanya tanya tentang kebutuhan nutrisi harian tubuh dan minuman nutrisi neng bisa di sini atau bisa konsultasi lebih lanjut bisa chat Neng sekarang yah. 

  


0 comments:

Post a Comment